Selasa, 07 Oktober 2014

Makanan Khas dan Ciri Khas Probolinggo

Kota Probolinggo memiliki makanan khas berupa "NASI GLEPUNGAN" dan "KRUPUK IKAN TENGIRI". Makanan khas probolinggo ini sangat sederhana. Seperti Nasi Glepungan yang terdiri dari :
1. Ikan Asin
2. Tempe dan tahu penyet
3. Lalapan
4. Sambel pedas
5. Nasi glepungan (Sari-sari jagung)
6. Sayur kelor

Jika ingin membuat sendiri dirumah, caranya mudah dan hanya membutuhkan biaya yang relatif murah, kita cukup sediakan :
1. Ikan Asin
2. Tahu dan Tempe
3. Sayuran lalap
4. Cabai
5. Tomat
6. Trasi dan penyedab rasa
7. sari-sari jagung
8. Daun kelor

Sangat mudah bukan..??? :D
Sedangkan Krupuk Ikan Tengiri adalah makanan sederhana yang bahan dasarnya ikan tengir, dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. 
 
satu lagi makanan yang terkenal dikabupaten probolinggo, yaitu "BAKSO EDDY".
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRDVYW6hnADitHr8APJhs4mWT3dz1iY0mWVDeX0PTJh5G6vTuHfAsr7Kkd7pIIIqtwgBYEN-e8eoDVCnGf9oeFC7qTwZ08vKkKYWBtgAJshRij_6RxPa78BO9ewZjOH1jhc7nqPyDGYHZb/s320/baksoEddy.jpgwarna kuning cerah dan orange menjadi warna dominan dari keseluruhan desain ruangan disini, meja kursi dengan warna yang masih terkait dengan warna ruangan diatur dengan rapi. Sedangkan rombong baksonya diletakkan diluar, lebih tepatnya berada di depan warung bakso ini, sehingga yang akan masuk ke warung bakso ini pastilah tergoda dengan aroma dari kuah bakso yang bisa membuat perut mendadak lapar. :D
Kelezatan dan kelembutan baksonya menjadi ciri khas warung tersebut. 

Mencari bakso Eddy tidak sulit karena lokasinya yang ada di jalan utama, terletak di depan pabrik Eratex. Sangat strategis.

Selain penjelasan diatas, Probolinggo juga terkenal dengan sebutan "Kota Mangga". Banyak jenis mangga di kabupaten ini, yaitu mangga Manalagi, Arum manis, ada mangga Golek, mangga Gadung, mangga Kopyor dll. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar